Integrasi Layanan Keuangan Di Tokopedia Dorong Inklusi Keuangan - yuukimods

Breaking

Jumat, 02 Juni 2023

Integrasi Layanan Keuangan Di Tokopedia Dorong Inklusi Keuangan

Perusahaan teknologi Indonesia, Tokopedia konsisten menolong penduduk  mendapat terusan pendanaan untuk menyanggupi keperluan harian lewat fitur PayLater sampai mempertahankan kelancaran kerja keras lewat Modal Toko. Kedua fitur tesebut bahkan mengalami sejumlah kemajuan yang signifikan sepanjang 2021.
Foto: Dok. Tokopedia

Jakarta -

Tokopedia mengungkapkan sudah menerapkan penemuan embedded finance di seluruh ekosistem miliknya. Hal ini dijalankan untuk mengembangkan literasi dan inklusi keuangan di Indonesia.

"Untuk menunjang literasi dan inklusi keuangan Tanah Air agar makin positif, Tokopedia menjalankan banyak sekali upaya. Salah satunya dengan menerapkan penemuan embedded finance di ekosistem Tokopedia," ungkap Senior Vice President of Fintech and Payment Tokopedia, Vira Widiyasari dalam informasi tertulis, Sabtu (3/6/2023).

Dia menyampaikan hal ini dijalankan mengingat literasi dan inklusi keuangan di Indonesia disebut masih condong rendah. Pada tahun 2021, Bank Dunia sudah mengkonfirmasi Indonesia memiliki populasi unbanked paling besar keempat di dunia.

Kendati demikian pada tahun 2022, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) juga mencatat indeks inklusi keuangan Indonesia naik menjadi 85,10%. Angka ini meningkat jikalau dibandingkan pada tahun 2019 yang cuma sebesar 76,19%.

Lebih lanjut, Vira menerangkan embedded finance yakni integrasi layanan keuangan, seumpama pembayaran, investasi dan asuransi, ke dalam satu aplikasi yang dikontrol perusahaan non finansial tanpa perlu beralih ke layanan keuangan konvensional. Dengan cara tersebut, layanan keuangan sanggup diakses lebih cepat.

"Dalam mendatangkan penemuan embedded finance di ekosistem Tokopedia secara kondusif dan terpercaya, kami melakukan pekerjaan sama dengan banyak sekali teman strategis, mulai dari perbankan, tekfin, perusahaan asuransi serta insurtech," terang Vira.

Embedded Finance Hadirkan Lebih dari 50 Metode Pembayaran Belanja Online

Melalui Embedded Finance Tokopedia mendatangkan lebih dari 50 metode pembayaran. Mulai dari transfer antar bank, kartu kredit, duit elektronik, pay later sampai minimarket yang memudahkan penduduk bertransaksi online.

Misalnya, GoPayLater Cicil yang bersinergi dengan GoTo Financial untuk menolong pembeli merubah transaksi belanja menjadi cicilan dengan opsi 1, 3, 6 atau 12 bulan. Dengan GoPayLater Cicil, penduduk sanggup lebih gampang mendapat produk keperluan yang sebelumnya sukar dijangkau.

Vira menyertakan dengan fasilitas ini, beberapa produk juga mengalami kenaikan pemasaran pada kuartal I 2023.

"Tokopedia mencatat pada kuartal I 2023, Ponsel dan Tablet, Fesyen Wanita, Komputer dan Laptop, Otomotif serta Elektronik menjadi sejumlah klasifikasi produk yang paling dikejar penduduk menggunakan pay later," tambah Vira.

Di segi lain, data internal Tokopedia juga menampilkan bahwa metode pembayaran cashless atau nontunai menjadi yang paling terkenal selama periode Ramadhan 2022. Baik lewat GoPayLater Cicil, maupun transfer antar bank, duit elektronik dan kartu kredit.

Selain pay later, ada pula metode pembayaran dengan kartu kredit Tokopedia Card, yang melakukan pekerjaan sama Bank Rakyat Indonesia (BRI) dan disokong VISA. Melalui Tokopedia Card, pengguna sanggup dengan gampang mengakses banyak sekali fitur, seumpama untuk mengaktivasi kartu, memeriksa rincian transaksi dan riwayat tagihan, serta menertibkan penggunaan kartu, cuma lewat aplikasi Tokopedia.

"Data internal Tokopedia mengungkapkan, pengguna yang menggunakan Tokopedia Card meningkat nyaris 6 kali lipat selama Maret 2023 dibandingkan bulan pertama diluncurkan. Selain itu, kurang dari satu bulan sejak peluncuran, Tokopedia Card sukses menampilkan donasi sekitar 20% dari total penerbitan kartu kredit secara nasional," terang Vira.

Vira melanjutkan pengajuan Tokopedia Card mudah, kondusif dan sepenuhnya online dan cuma memerlukan KTP. Hal ini dimungkinkan sebab proses pengajuannya mempergunakan apa yang disebut dengan Tokoscore.

Tokoscore ialah perusahaan afiliasi Tokopedia (tercatat dan diawasi OJK) penyedia Innovative Credit Scoring (ICS), yang menggunakan data transaksi serta sikap pengguna di Tokopedia untuk menganggap profil risiko kandidat peminjam (creditworthiness) dari segmen underserved. Perusahaan ini mengedepankan keselamatan dan privasi data pengguna, demi merealisasikan pemerataan terusan finansial lewat teknologi.

Tokoscore menawarkan banyak sekali penemuan produk untuk menolong para teman strategis-seperti bank atau fintech-menilai profil risiko kandidat peminjam. Misalnya, Income Predictions (memprediksi nilai pendapatan dari kandidat peminjam), Fraud Flags (memberikan informasi jikalau kandidat peminjam memiliki acara mencurigakan di platform e-commerce Tokopedia).

Tak cuma itu, Tokoscoce juga menganggap Address Validation dan Phone Validation (memberikan validasi data alamat dan nomor telepon dari kandidat peminjam untuk menolong proses verifikasi teman strategis).

Selain GoPayLater Cicil dan Tokopedia Card, terdapat puluhan metode pembayaran lainnya, yang sanggup dimanfaatkan pengguna Tokopedia untuk bertransaksi online seumpama belanja keperluan sehari-hari, sesuai preferensi.

Embedded Finance Tokopedia Tingkatkan Investasi

"Melalui penemuan embedded finance, Tokopedia juga mendatangkan produk investasi, yakni Tokopedia Reksa Dana dan Tokopedia Emas, guna mendorong lebih banyak penduduk untuk berinvestasi. Masyarakat sanggup dengan gampang berinvestasi reksa dana atau emas lewat Tokopedia sebab sanggup dijalankan kapan pun dan di mana pun cuma lewat genggaman tangan," terang Vira.

Vira menyertakan menjalankan investasi reksa dana atau emas lewat Tokopedia juga sungguh terjangkau. Hal itu sanggup dimulai dari Rp 10 ribu untuk reksa dana dan Rp 5 ribu untuk emas.

"Selain itu, kondusif dan terpercaya, sebab Tokopedia Reksa Dana melakukan pekerjaan sama dengan Bareksa yang sudah terdaftar dan diawasi pribadi oleh OJK. Di segi lain, seluruh transaksi Tokopedia Emas yang melakukan pekerjaan sama dengan Pluang sudah berlisensi dan diawasi oleh BAPPEBTI. Seluruh transaksi Tabungan Emas Pegadaian lewat Tokopedia pun sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK," papar Vira.

Berbagai nilai tambah dari produk-produk investasi di Tokopedia sudah mendorong terciptanya tren faktual dalam berinvestasi. Nilai transaksi beli reksa dana pada Tokopedia Reksa Dana meningkat 1,5 kali lipat pada kuartal IV 2022 dibandingkan kuartal IV 2021.

Sedangkan pada Tokopedia Emas, nilai transaksi jual-beli emas meningkat 1,5 kali lipat dan jumlah pengguna yang berinvestasi emas meningkat lebih dari dua kali lipat pada tahun 2022 dibandingkan tahun 2021.


Transaksi dengan Asuransi di Tokopedia Meningkat Tajam

Kehadiran produk asuransi berkat kerja sama Tokopedia bareng banyak sekali teman strategis juga menjadi salah satu cuilan dari penyelesaian embedded finance. Ini juga dijalankan untuk menampilkan sumbangan perhiasan pada produk atau layanan yang dibeli penduduk lewat Tokopedia.

"Tokopedia menawarkan banyak sekali produk asuransi digital, yakni Proteksi Produk (termasuk rusak total), Proteksi Tagihan, Asuransi Perjalanan, Asuransi Pengiriman dan masih banyak lagi. Proses klaim dibentuk sungguh sederhana dan sanggup pribadi dijalankan lewat Tokopedia, serta kondusif sebab melakukan pekerjaan sama dengan teman strategis terpercaya yang sudah berizin dan diawasi OJK," kata Vira.

Tokopedia juga mencatat tren faktual pada produk asuransi di Tokopedia. Tercatat jumlah transaksi yang menggunakan produk asuransi meningkat 2,5 kali lipat pada kuartal I 2023 dibandingkan kuartal I 2022. Selain itu, transaksi yang menggunakan Proteksi Rusak Total meningkat 4 kali lipat di kuartal I 2023 dibandingkan kuartal I 2022.


Upaya Tokopedia untuk Dorong Inklusi dan Literasi Keuangan Tanah Air

"Selain kerja sama dan inovasi, kunci mengembangkan inklusi dan literasi keuangan di Indonesia yakni edukasi. Hal ini mendorong Tokopedia bareng teman strategis terus mendatangkan banyak sekali inisiatif. Salah satunya, meluncurkan Modul Literasi Keuangan bareng BI dan OJK. Modul yang berisi bahan wacana keuangan ini sanggup diakses oleh siapa saja dan di mana pun secara gratis," kata Vira.

Tokopedia, juga menggelar kampanye edukasi investasi 'Tokopedia Investory' yang mendatangkan banyak sekali informasi wacana investasi digital.

"Ke depannya, Tokopedia akan terus berkolaborasi dengan para teman strategis untuk bikin penyelesaian yang lebih inklusif, bertanggung jawab serta berhubungan dengan keperluan masyarakat, demi mengembangkan literasi dan inklusi keuangan di Indonesia," pungkas Savira.



Simak Video "Pria Juga Boleh Pakai Skincare Loh"
[Gambas:Video 20detik]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar