Tips Menemukan Pendanaan Bisnis Untuk Umkm Dari Majoo - yuukimods

Breaking

Selasa, 06 Juni 2023

Tips Menemukan Pendanaan Bisnis Untuk Umkm Dari Majoo

Ilustrasi Bisnis UMKM
Foto: Shutterstock

Jakarta -

Pelaku kerja keras mikro, kecil dan menengah (UMKM) pasti tak terlepas dari banyak duduk masalah yang mesti dihadapi. Salah satu yang kerap terjadi yakni kekurangan modal yang dimiliki. Akibatnya, tak sedikit para pelaku UMKM yang mencari pendanaan untuk menyebarkan usahanya atau cuma sekadar bertahan.

Jika di sekarang ini kau sedang memerlukan pendanaan UMKM untuk bisnis yang sedang dikembangkan, di sekarang ini banyak forum pembiayaan yang sanggup menolong modal usahamu, baik forum keuangan secara online maupun offline, salah satunya yakni majoo Indonesia.

Ada beberapa kiat yang sanggup kau jalankan untuk menemukan pelengkap modal. Berikut ulasannya.

1. Gadaikan Aset yang Dimiliki

Menggadaikan aset langsung sanggup digunakan selaku pilihan untuk memperbesar pendanaan bisnis. Dengan menaruh properti di tangan forum keuangan seumpama Pegadaian maka kau akan menemukan duit dalam waktu singkat.

Tentu saja, jumlahnya tergantung pada jenis barang yang kau gadaikan. Beberapa aset yang sanggup dijadikan jaminan antara lain emas, emas batangan, perkakas, surat tanah, BPKB kendaraan dan barang bermanfaat yang lain yang kau miliki. Berikut beberapa laba yang sanggup di.

  • Jumlah pinjaman yang tersedia mulai dari Rp 1 juta sampai Rp 500 juta dengan durasi optimal 48 bulan.
  • Biaya tata kelola minimal
  • Proses kredit cepat sekitar 3 hari kerja. Suku bunga rendah untuk pinjaman konvensional, sedangkan pinjaman syariah cuma di bawah suku mu'nah untuk pemeliharaan.

Pinjaman sanggup dilunasi sekaligus pada final periode pinjaman. Jika tidak mungkin mengembalikan uang, properti yang dijanjikan akan dijual untuk mengeluarkan duit proyek tersebut. Namun, di saat harga jual lebih dari jumlah pinjaman awal, hasil penjualan akan dikembalikan terhadap kau selaku pemilik properti.

2. Gunakan Modal Tabungan Sendiri

Setelah bertahan sedikit dengan mengandalkan putaran modal yang ada, maka kau mesti menggali lagi atau mencari pelengkap modal dari simpanan pribadi. Meski jumlahnya kecil, tapi hal tersebut tidak menghasilkan kau sakit kepala dengan cicilan, bunga pinjaman, atau kapan mesti 'membayar'.

Singkatnya, kau cuma perlu bertanggung jawab terhadap diri sendiri sebab kau memiliki lebih banyak keleluasaan untuk mengambil keputusan bisnis. Namun, jangan mudahkan keuangan langsung ini. Atur diri kau dengan disiplin, konsistensi, dan komitmen yang memiliki pengaruh mudah-mudahan bisnis yang kau rintis berkembang. Untuk menemukan duit dari simpanan langsung berikut langkah yang sanggup kau ambil.

  • Pinjam Uang dari Keluarga atau Teman

Tetap bermitra dengan anggota keluarga sanggup menjadi penyelamat di saat bisnis kau mengalami masa sulit. Jika bisnis kau yakni bisnis keluarga, mengajak anggota keluarga lain untuk bergabung selaku 'investor' lebih masuk akal.

Kamu tidak cuma akan menemukan pinjaman finansial, tapi juga pinjaman menyeluruh sehingga sanggup bergairah berbisnis. Oleh sebab itu, kau juga mesti menjajal menerangkan rincian pinjaman yang ingin kau berikan. Hal tersebut untuk menjadi bukti bahwa duit tersebut akan digunakan selaku modal bisnis yang mau kau bayar kembali dalam rentang waktu tertentu.

Selain itu, tunjukkan rasa tanggung jawab sebagaimana mereka mau yakin dan rela meminjamkan duit untuk mendukung kerja keras tersebut. Keuntungan lain dari meminjam duit terhadap keluarga atau kawan yakni pinjaman diberikan tanpa bunga, yang memungkinkan kau untuk melaksanakan pembayaran kembali dengan lebih mudah.

3. Coba Ajukan Pinjaman e-Commerce atau Dompet Digital

Kamu juga sanggup menjajal layanan dompet digital yang memamerkan pinjaman cicilan tanpa kartu kredit seperti, e-Commerce. Apalagi di sekarang ini sudah banyak platform belanja online tidak cuma menawarkan akomodasi belanja online, tapi juga mengobrol pinjaman kerja keras terhadap penggunanya.

Hasil kolaborasi dengan banyak pedagang di platform membuka potensi untuk mengajukan pinjaman e-commerce dan sumber pembiayaan dari kawan pembiayaan. Selain itu, banyak layanan dompet digital sekarang memamerkan pinjaman langsung tanpa kartu kredit. Sistem pembayaran ini kian terkenal di kelompok penduduk sebab memiliki banyak keunggulan, antara lain:

  • Muncul dalam beberapa metode pembayaran: pembayaran bulan depan atau pembayaran cicilan dengan durasi sampai 12 bulan.
  • Cocok untuk sewa jangka pendek.
  • Bisa digunakan selaku modal kerja keras yang digabungkan dengan ongkos jasa, seumpama pembayaran listrik, pulsa dan paket data, atau untuk berbelanja perlengkapan guna mendukung buatan usaha.

4. Pilih Kredit Tanpa Agunan

Kredit tanpa agunan atau KTA mungkin sanggup menjadi pilihan yang sempurna untuk kamu. Jenis kredit ini sanggup kau peroleh di banyak sekali bank dan forum keuangan pemerintah lainnya. Namun, kau mesti mencermati syarat-syarat yang ditetapkan oleh pihak bank atau forum keuangan sebelum mengajukan pinjaman seumpama berikut

  • Carilah KTA yang memamerkan bunga rendah.
  • Perhatikan penempatan bunga, apakah kau menggunakan metode bunga progresif atau metode bunga flat.
  • Perhatikan periode bunga yang ditetapkan. Saat kau meminjam duit di KTA, penerapan suku bunga menjadi salah satu hal yang mesti kau pertimbangkan dengan matang. Pasalnya, kedua jenis rangkaian bunga ini memiliki keistimewaan masing-masing yang sanggup diubah sesuai kebutuhan.

5. Jual Dropship untuk Membantu Modal Usaha

Kamu pasti pernah mendengar bagaimana orang sanggup mengawali bisnis tanpa perlu mengeluarkan uang, atau setidaknya cuma dengan 'modal dengkul', yakni duit yang tidak seberapa. Hal ini sanggup dijalankan dengan melaksanakan metode dropship yang mengandalkan produk dari pabrikan lain.

Singkatnya, kau tidak perlu melaksanakan apa pun terkait buatan atau dukungan. Pabrikan sudah menawarkan semuanya dan kau sanggup memasarkan produk dengan mendistribusikan pinjaman yang ada. Bahkan, dengan metode dropship tidak usah repot mengatasi urusan packing dan pengiriman.

Cukup pantau saja semua proses bisnis tersebut dan bersungguh-sungguh berkomunikasi dengan produsen. Nah, hasil penjualan dropship akan menghadirkan banyak keuntungan. Meskipun kecil, selama kau bersusah payah dalam memasarkan dan memasarkan produk ini, jumlah duit yang diperoleh sungguh bagus.

6. Pinjaman Modal ke Lembaga Pembiayaan

Peminjaman yang dimungkinkan oleh teknologi seumpama ini memungkinkan individu untuk meminjamkan duit atau meminjam duit dari satu sama lain tanpa menggunakan penanam modal formal. Oleh sebab itu, eksistensi perusahaan dan proses usahanya dikontrol oleh Otoritas Jasa Keuangan atau OJK.

Masyarakat sanggup mengajukan pinjaman lewat forum keuangan online selaku alternatif dari forum keuangan konvensional seumpama serikat pekerja, bank, pegadaian, dan multifinance. Oleh sebab itu, duit didistribusikan di kelompok pengguna platform ini, sehingga disebut peer to peer.

Sebagai peminjam, maka kau sanggup mengunggah dokumen yang diperlukan untuk mengajukan pinjaman online. Proses menginvestasikan duit untuk pinjaman P2P cepat dan ringkas sebab kau sanggup melakukannya dari mana saja dan kapan saja tanpa menggunakan syarat atau waktu. Beberapa dokumen tersebut adalah:

1. Identitas Peminjam (KTP).

2. Informasi resmi terkait dengan acara bisnis.

3. Laporan keuangan perusahaan selama periode waktu tertentu.

Meski prosesnya sederhana, bukan bermakna pihak pengurus akan menemukan semua pengajuan pinjaman sebab setiap platform memiliki kebijakannya masing-masing. Jika aplikasi kau berhasil, platform akan memposting aplikasi pinjaman.

(Content Promotion/majoo Indonesia)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar